Mengenai Saya

Foto saya
Maju Terus Pantang Mundur

Minggu, 25 April 2010

Salat bagi orang yang tidak mampu berdiri

Salat bagi orang yang tidak mampu berdiri

Salat ialah perintah ALLAH SWT yang wajib dikerjakan oleh orang-orang beriman. Salat bisa dikerjakan dengan berdiri boleh dengan duduk dan seterusnya. Biasanya salat yang dikerjakan dengan keadaan duduk atau tiduran,orang tersebut sedang sakit atau keadaan yang memang kondisi terbatas.

Jika orang yang sedang sakit masih bisa berdiri,maka salat lah dengan berdiri. Bacaan salat bagi orang sakit sama bacaannya denagn salat dengan keadaan berdiri. Tidak ada alas an bagi kita sebagai muslim untuk meninggalkan salat. Perhatikan sabda Rasulullah SAW yang artinya:
“Dari Ali bin Abi Talib,Nabi Muhammad SAW bersabda: ‘Orang sakit hendaklah salat dengan berdiri kalau sanggup. Jika tidak sanggup hendaklah salat dengan duduk. Kalau tidak sanggup sujud, isyaratkan saja dengan kepalanya tetapi hendaklah sujudnya lebih rendah daripada rukunya. Jika tidak sanggup salat dengan duduk, hendaklah salat dengan berbaring miring ke kanan menghadap kiblat. Kalau tidak sanggup bebaring ke kanan,hendaklah salat dengan telentang, sedang kedua kakinya kea rah kiblat.’ “ (H.R Daruqutni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar